Minggu, 03 Juli 2016

Mengapa harus mengikuti TOEFL ITP?


Mengapa harus mengikuti TOEFL ITP?
 Misalnya Anda sedang berencana mendaftar di kampus dalam negeri untuk melanjutkan jenjang berikutnya (S2), atau akan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan lokal, maka program tersebut harus diikuti demi memenuhi standar administrasi. Bukankah tidak setiap perusahaan mewajibkan sertifikat TOEFL? Memang benar, tapi seiring dengan berjalannya waktu, persyaratan tersebut sudah semakin sering dijadikan standar oleh rata-rata perusahaan lokal. Tujuannya tentu saja menjaring sumber daya manusia yang diharapkan memiliki penguasaan Bahasa Inggris yang baik, baik pasif maupun aktif. ITP sendiri merupakan singkatan dari Institutional Test Program. Sedangkan TOEFL (sebagaimana yang kita ketahui) merupakan kependekan dari Test of English as a Foreign Language.

TOEFL ITP dan Manfaatnya
Terdapat beberapa manfaat bagi mereka yang sudah menjalani tes dan sukses dengan perolehan skornya yang tinggi. Pertama-tama, standar yang seringkali diberlakukan adalah skor 450. Standar tersebut biasanya diterapkan bagi para mahasiswa S1 yang akan menggarap skripsi. Jika sudah mencapai skor atau bahkan melebihi skor tersebut, tentu saja si mahasiswa sudah merasa nyaman dan tidak perlu khawatir lagi dengan tes susulan. Manfaat berikutnya akan terbukti saat ia sudah dinyatakan lulus dan hendak melamar pekerjaan. Seorang mahasiswa fresh graduate, punya IPK bagus, serta skor TOEFL yang cukup, tidak akan menemui banyak kesulitan saat mencari-cari lowongan pekerjaan. Karena standar yang ditetapkan umumnya sudah meliputi prestasi mahasiswa tersebut.
Manfaat berikutnya dari TOEFL ITP adalah peluang untuk memperoleh beasiswa di luar negeri cukup besar. Meskipun ITP digunakan untuk standar lokal, namun hasil tes TOEFL yang memuaskan bisa menjadi salah satu indikator untuk kelulusan TOEFL IBT (Internet Based Test), yaitu tes khusus untuk bekerja atau belajar di luar negeri, terutama di wilayah Amerika Serikat. Ada banyak penawaran beasiswa yang sering ditawarkan oleh Pemerintah setempat dengan kampus lokal. Atau bisa juga merupakan hasil kerjasama antara lembaga bahasa tertentu. Kegunaan lainnya? Jelas akan sangat bermanfaat untuk mengasah dan melatih kemampuan berbahasa Inggris, baik secara pasif dan aktif.
Sesi Penyelenggaraan TOEFL ITP
Seperti apakah sesi penyelenggaraan TOEFL ITP? Masih banyak yang belum begitu mengerti tentang tahapan apa saja yang harus dilakukan selama mengerjakan tes TOEFL. Secara umum, tes TOEFL terbagi dalam tiga sesi, yaitu Listening, Structure, dan Reading. Dalam tes Listening, seorang peserta tes akan diuji kemampuannya dalam mendengarkan percakapan, ungkapan, dan susunan kata dan nantinya harus dijawab dalam lembaran soal. Untuk tes Structure, peserta akan diuji mengenai kemampuan dan pemahamannya dalam Grammar. Sedangkan tes Reading mewajibkan peserta untuk lulus dalam tes pembacaan yang juga harus dijawab dalam bentuk lembaran soal.
Cara Pendaftaran
Bagaimanakan cara pendaftarakan TOEFL ITP? Mudah saja. Setiap kampus biasanya sudah menyediakan tes TOEFL, meskipun dalam bentuk Pre-TOEFL. Tentu saja masih dalam bentuk simulasi dengan soal dan durasi yang lebih pendek. Namun kalau benar-benar mau bergabung sebagai peserta dengan sertifikat terjamin, maka bisa menghubungi beberapa lembaga bahasa yang menyediakannya. Ada banyak lembaga, terutama di Jakarta yang secara khusus menyediakan layanan program tes TOEFL. Beberapa di antaranya adalah ILP Cikini, ELS Language Centers, Lembaga Bahasa International, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, ELTI Gramedia-Wijaya, FETEC Universitas Trisakti, Netherlands Education Support Office, LBPP-LIA Pramuka, ILP Veteran, NATIONAL ENGLISH CENTRE, Program Counselor INLINGUA, AMINEF, dan UUO PT BAPPENAS. Bagaimana dengan wilayah lain di luar Jakarta?  Anda bisa hubungi American English Course  Ph. 081328707372 dan  tentu saja banyak sekali lembaga yang bisa diakses berdasarkan informasi dan keterangan yang dicari. Saat ini, sangat mudah sekali untuk menemukan lembaga-lembaga yang secara khusus menyediakan layanan program tes TOEFL, apalagi dari internet.
Biaya
Berapakah biaya untuk TOEFL ITP? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan itu kepada lembaga yang secara khusus menyediakannya. Ada beberapa lembaga yang memang menawarkan program tes tersebut dengan tarif Dollar. Kalau masih ada yang belum jelas, lebih baik untuk bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai tujuan dan apa saja yang harus dilakukan selama menjalankan tes TOEFL.
Masa Berlaku
TOEFL ITP adalah sebuah pilihan yang akan menjamin masa depan Anda. Apalagi Anda menyimpan banyak harapan untuk karir di bidang akademis maupun pekerjaan. Lalu, apakah ada masa berlaku untuk tes tersebut? Umumnya, masa berlaku dari hasil tes TOEFL adalah dua tahun. Jadi, setelah masa berlakunya habis, orang yang memiliki sertifikat tersebut sebaiknya memperpanjang masanya dengan mengikuti tes kembali. Dari sekian banyak informasi di atas, apakah yang harus dipersiapkan demi meraih kesuksesan selama menjalani tes TOEFL? Intinya adalah terus melatih dan mengasah kemampuan berbahasa Inggris, baik dengan membaca (buku, cerpen, berita), mendengarkan (musik, film) dan mengucapkannya langsung. Niscaya Anda akan semakin terbiasa dan mampu melaluinya dengan sukses bersama hasil TOEFL ITP.

 




Tidak ada komentar: